Kemeriahan HUT ke-75 Yonif 303 Kostrad, Dari Lomba Antar Kompi hingga Pentas Wayang Golek

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Keluarga besar Yonif 303/SSM menggelar rangkaian kegiatan istimewa dalam rangka memperingati HUT ke-75 Yonif 303/SSM, Minggu (01/09/2024).

Acara ini menampilkan berbagai kegiatan yang melibatkan prajurit dan masyarakat, menegaskan semangat kebersamaan dan dedikasi tinggi yang telah menjadi ciri khas batalyon ini.

Dalam sambutannya, Danyonif 303/SSM Letkol INF Angga Anugrah menyampaikan rasa bangganya terhadap sejarah dan dedikasi para prajurit, “75 tahun sudah batalyon ini berdiri dengan kokoh bersama prajurit yang memiliki loyalitas, disiplin, dan semangat yang tinggi.”

Beragam kegiatan mewarnai perayaan ini, termasuk perlombaan olahraga antar kompi, karya bakti, bakti sosial, syukuran, peresmian sumur bor, dan pentas seni wayang golek untuk menghibur masyarakat. Perlombaan olahraga antar kompi diadakan dengan tujuan menjaga dan meningkatkan ketahanan, kekuatan fisik, dan stamina prajurit Yonif 303/SSM, sehingga mereka memiliki kemampuan fisik yang prima.

Selain itu, prajurit Yonif 303/SSM juga melaksanakan kegiatan teritorial, seperti pembagian sembako kepada masyarakat dan karya bakti membersihkan lingkungan sarana ibadah di daerah latihan wilayah Pasirwangi, Garut. Kegiatan ini menunjukkan kepedulian prajurit terhadap kesejahteraan dan kebersihan lingkungan masyarakat sekitar.

Puncak perayaan berlangsung pada tanggal 1 September dengan acara syukuran yang dihadiri oleh Forkopimda Garut, tokoh agama, dan tokoh adat setempat. Dalam kesempatan tersebut, Letkol INF Angga Anugrah meresmikan sumur bor untuk prajurit Yonif 303/SSM dan masyarakat sekitar, yang diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan dan ketersediaan air bersih.

Pada malam harinya, perayaan ditutup dengan pagelaran seni wayang golek yang dibuka langsung oleh Danyonif 303/SSM. Dalam sambutannya, Letkol INF Angga Anugrah menyampaikan rasa terima kasihnya kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dan mendukung terselenggaranya acara ini.

“Kami ucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah membantu terselenggaranya acara ini, khususnya kepada prajurit 303/SSM dan seluruh warga Cisurupan dan Cikajang Garut. Seni Sunda Wayang Golek bukan sekadar pertunjukan hiburan; setiap cerita yang dibawakan Sang Dalang Batara Sena mengandung tuntunan moral dan kebijaksanaan,” ujarnya.

Rangkaian kegiatan HUT ke-75 Yonif 303/SSM ini tidak hanya memperkuat ikatan antar prajurit tetapi juga mempererat hubungan dengan masyarakat sekitar, sejalan dengan semangat TNI untuk selalu berada di tengah-tengah rakyat.

Ratu

(Penkostrad).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.