Danlantamal XII di Beri Gelar “Pangeran Wira Samudera” Oleh Raja Mempawah Pada Event Budaya Robo-Robo 2024.

Spread the love

Jurnalline.com, Mempawah, TNI AL, Lantamal XII – Bertempat di Dermaga Pelabuhan Kuala, Danlantamal XII Laksamana Pertama TNI Avianto Rooswirawan mengikuti event budaya robo-robo dan diberi anugerah Yang Mulia Sri Setia Amantubillah dengan membawa gelar Pangeran Wira Samudera oleh Raja Mempawah XIII Baginda Pangeran Ratu Mulawangsa Mardan Adijaya Kesuma Ibrahim. Mempawah, Kalbar. Rabu (04/09/2024).

Upacara robo-robo adalah ritual adat yang dilaksanakan istana Amantubillah Mempawah pada setiap hari Rabu terakhir di bulan Syafar menurut penanggalan Hijrah, dengan tujuan untuk memanjatkan doa menolak bala dan petaka serta dalam rangka memperingati napak tilas perjalanan Opu Daeng Manambon yang bergelar Pangeran Mas Surya Negara dari kerajaan Matan ke Mempawah (Bangkule Rajakng) pada tahun 1737M/1148 H.

Robo-Robo merupakan suatu tradisi yang merayakan asal-usul dan kearifan lokal di Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat. Tradisi ini telah menjadi salah satu perayaan budaya oleh masyarakat Kalimantan Barat.

Event budaya ini merupakan salah satu upaya strategis untuk meningkatkan kunjungan wisatawan dengan menampilkan keindahan adat tradisi dan seni lokal, selain itu juga berfungsi sebagai wadah untuk memperkenalkan nilai-nilai budaya yang kaya dan beragam kepada masyarakat luas.

Dalam kesempatan ini, Raja Mempawah XIII Baginda Pangeran Ratu Mulawangsa Mardan Adijaya Kesuma Ibrahim, memberi gelar kepada Danlantamal XII Laksamana Pertama TNI Avianto Rooswirawan dengan gelar Yang Mulia “Pangeran Wira Samudra” sebagai simbolisasi kekerabatan dengan Kerajaan Mampawah.

Diharapkan anugerah tersebut selain dapat mempererat tali silaturahmi dan persaudaraan juga bisa membawa dampak positif bagi Lantamal XII khususnya TNI Angkatan Laut agar semakin dikenal oleh masyarakat Kalimantan Barat khususnya di wilayah Kabupaten Mempawah.

Ratu

(Dispen Lantamal XII)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.