Pangdivif 2 Kostrad Pimpin Upacara Pengukuhan Warga Baru di Goa Antaboga, Pasuruan

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Panglima Divisi Infanteri 2 Kostrad, Mayjen TNI Anton Yuliantoro, S.I.P., M.Tr.(Han)., memimpin upacara pengukuhan warga baru Divisi Infanteri 2 Kostrad di lokasi bersejarah, Goa Antaboga, Gunung Arjuna, Dusun Tambakwatu, Desa Tambaksari, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan, pada Selasa (10/9/2024). Upacara ini merupakan puncak dari rangkaian kegiatan pembinaan tradisi yang bertujuan membentuk prajurit dengan jiwa korsa, soliditas, serta semangat pengabdian terhadap satuan dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Dalam sambutannya, Mayjen TNI Anton Yuliantoro menegaskan bahwa acara tradisi ini menandai secara resmi penerimaan peserta menjadi bagian dari keluarga besar Divisi Infanteri 2 Kostrad. “Ikrar yang telah kalian ucapkan adalah sakral. Kebanggaan dan kehormatan sebagai prajurit Divisi Infanteri 2 Kostrad harus senantiasa tertanam di jiwa kalian, dengan selalu berpegang teguh pada Sapta Marga, Sumpah Prajurit, dan 8 Wajib TNI dalam setiap tindakan dan perbuatan,” tegasnya.

Ia juga menekankan pentingnya tradisi pembinaan yang diawali dengan latihan-latihan guna menumbuhkan jiwa korsa, kebersamaan, serta kecintaan terhadap satuan. “Jika prajurit mencintai satuannya, ia akan memberikan yang terbaik sesuai dengan moto ‘VIRA CAKTI YUDHA’, yaitu prajurit yang tangguh di medan laga,” lanjut Pangdivif.

Setelah upacara pengukuhan, Pangdivif 2 Kostrad turut melaksanakan bakti sosial dengan menyerahkan paket sembako kepada warga sekitar. “Dengan bakti sosial ini, kita menjaga hubungan harmonis dengan rakyat, karena TNI kuat bersama rakyat. Bersama-sama kita membangun bangsa, TNI menjaga keamanan, dan masyarakat mendukung proses pembangunan. Persatuan antara TNI dan rakyat adalah kunci kekuatan kita,” ujarnya.

Ratu

(Penkostrad).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.