40 Anggota DPRD OI Terpilih Resmi Di Lantik Dan Disumpah Jabatan

Spread the love

jurnalline.com,Ogan Ilir (Sumsel) Sebanyak 40 orang anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ogan Ilir (OI) terpilih masa jabatan 2024-2029 resmi dilantik dan diambil sumpah/janji jabatan oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Kayuagung
Agung Nugroho SH.MH, pada Sidang Paripurna Istimewa XIV,bertempat di ruang rapat paripurna DPRD Ogan Ilir.

Pengambilan sumpah jabatan 40 anggota DPRD OI terpilih Tahun 2024 berjalan sukses,dan di saksikan oleh para undangan, hadir dalam momen tersebut PJ Gubernur Sumatera Selatan,Bupati Ogan Ilir,Ketua DPD Partai Gerindra Sumatera Selatan,Hj.Sartika Sandra Desi,Ketua BAPPILU Sumatera Selatan Ahmad Wazir Nofiadi,MSi,Forkopimda,Sekda,Staf Ahli Bupati,Kepala OPD,para Camat dan para undangan.

Ketua DPRD yang baru dilantik,H.Edwin Cahya Putra menyampaikan rasa syukur setelah proses pengambilan sumpah/janji 40 anggota dewan terpilih masa jabatan 2024-2029.

Ucapan terima kasih atas kepercayaan kepadanya memimpin DPRD OI Lima Tahun kedepan.

“Pertama-tama, alhamdulillah syukur kehadirat Allah SWT dan terima kasih kepada masyarakat Ogan Ilir atas dukungan kepada kami. Dan alhamdulillah hari ini pelantikan berjalan lancar,” ucap Edwin.

Di jelaskannya,tugas dan wewenang DPR sudah diatur dalam Undang-undang Nomor 17 Tahun 2014.DPR mempunyai fungsi Legislasi,Penganggaran dan pengawasan.

“Setiap fungsi mempunyai tugas dan wewenang yang menjadi acuan dalam menjalankan jabatan. Dan kami siap bersinergi dengan Pemkab Ogan Ilir dalam membangun daerah,” jelas Edwin.

Kemudian hak DPR terkait fungsi pengawasan, ada tiga hak yang dimiliki DPR.Ketiga hak tersebut sebagaimana diterangkan Pasal 79 ayat (1) Undang Undang Nomor 17 Tahun 2014, yaitu hak interpelasi, angket dan menyatakan pendapat.

“Tentunya terkait tugas dan wewenang DPR, kami siap menyerap, menghimpun, menampung dan menindaklanjuti aspirasi rakyat,” Tegas Edwin.

Sementara Bupati OI Panca Wijaya Akbar dalam kesempatan tersebut membacakan sambutan Mendagri RI antara lain mengatakan mengucapkan selamat kepada seluruh anggota DPRD OI yang dilantik hari ini.

Lanjutnya, pemerintah daerah provinsi, kabupaten dan kota mempunyai anggota dewan yang dipilih. Meletakkan DPRD sebagai mitra, mitra sejajar dengan kepala Daerah. DPRD dalam menjalankan tugas diawasi oleh penegak hukum, KPK, BPKP, dan badan hukum lainnya.

Suksesnya pemilu 2024 merupakan tanggung jawab bersama, DPRD dapat memberikan dukungan tentang pengawasan pelaksanaan pemilu 2024.

Diakhir sambutannya Bupati Panca mengucapkan terima kasih kepada anggota DPRD masa jabatan 2019-2024 dan ucapan selamat kepada anggota DPRD OI masa jabatan 2024-2029. (Sy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.