Pangkostrad Hadiri Penetapan 1.145 Anggota Komcad Matra Darat TA. 2024

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Panglima Kostrad (Pangkostrad), Letnan Jenderal TNI Mohamad Hasan menghadiri Penetapan Komponen Cadangan (Komcad) Matra Darat Tahun Anggaran 2024, bertindak sebagai Inspektur Upacara Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) RI M. Herindra di lapangan upacara Mako Divisi Infanteri 1 Kostrad, Cilodong, Depok, Jawa Barat. Rabu (18/9/2024) sekitar pukul 09.00 WIB.

Sebanyak 1.145 personel ditetapkan sebagai Komcad Matra Darat TA. 2024 setelah menjalani masa pendidikan dan latihan selama dua bulan. Upacara diawali dengan laporan dari Komandan Upacara kepada Inspektur Upacara, dilanjutkan dengan pemeriksaan pasukan. Wamenhan RI meninjau pasukan dengan menaiki kendaraan taktis Maung buatan PT. Pindad, memberikan nuansa kebanggaan bagi para anggota Komcad.

Irup kemudian menerima laporan pelaksanaan penetapan Komcad Matra Darat TA. 2014 dari Direktur Jenderal Potensi Pertahanan (Dirjen Pothan) Kemhan dan dilanjutkan dengan pernyataan resmi oleh Irup tentang penetapan Komcad Matra Darat TA. 2024.

Dalam amanatnya, Wamenhan M. Herindra mengapresiasi komitmen anggota Komcad yang telah dengan suka rela mengikuti pendidikan dan latihan. Ia menekankan bahwa penetapan ini merupakan bagian dari hak warga negara Indonesia dalam upaya bela negara. Wamenhan berharap penambahan jumlah Komcad ini akan semakin memperkuat kekuatan TNI dalam menjaga kedaulatan dan keamanan nasional.

Usai upacara, acara dilanjutkan dengan demonstrasi berbagai keterampilan bela diri oleh anggota Komcad serta defile pasukan, menampilkan kemampuan dan kesiapan mereka dalam menjalankan tugas.

Hadir dalam upacara ini sejumlah pejabat perwakilan dari Mabes Polri, Mabes TNI, Mabes AD, AL dan AU, Komisi I DPR RI serta pejabat eselon I dan II di lingkungan Kemhan dan tamu undangan.

Dengan penetapan ini, diharapkan Komcad Matra Darat dapat berkontribusi secara signifikan dalam menjaga keamanan dan kedaulatan bangsa, serta menjadi pengganda kekuatan TNI saat diperlukan.

Ratu

(Penkostrad).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.