Usai Singgahi Rusia, KRI Bima Suci Siap Berlayar Menuju Yokosuka Jepang

Spread the love

Jalesveva Jayamahe

Jurnalline.com, Jakarta,- Usai menyinggahi negara Rusia selama empat hari, kapal layar latih tiang tinggi kebanggaan TNI AL KRI Bima Suci yang dikomandani Letkol Laut (P) Hastaria Dwi Prakoso bersiap melanjutkan Pelayaran Misi Diplomasi Muhibah Duta Bangsa dan Latihan Praktik (Lattek) Kartika Jala Krida 2024 (KJK 2024) menuju etape selanjutnya yaitu kota Yokosuka, Jepang, Selasa (24/09).

Commander Officer of Varyag 011 1st rank Captain Konstantin Petrov, Athal Kolonel Laut (T) Febri Yakob Paruntu dan para prajurit Russian Navy melepas langsung keberangkatan KRI Bima Suci untuk melanjutkan pelayaran selama tujuh hari pada etape kedelapan, yang rencananya akan tiba di Jepang pada 1 Oktober 2024 mendatang.

KRI Bima Suci membawa 98 personel KRI dan 189 Taruna AAL yang dibagi menjadi empat gelombang ini, sebelumnya telah singgah di kota Vladivostok sejak tanggal 21 s.d. 24 September 2024. Dalam persinggahannya, KRI Bima Suci telah melaksanakan berbagai kegiatan seperti Open Ship, Cocktail Party, Sport Activity dan Cultural Visit.

Yokosuka akan menjadi kota kedelapan yang disinggahi KRI Bima Suci pada misi pelayaran tahun 2024. Rencananya KRI Bima Suci akan melaksanakan pelayarannya selama 90 hari dengan menempuh jarak 10.715 Nm dengan rute Surabaya – Jakarta – Singapura – Kamboja – Vietnam – China – Korea Selatan – Rusia – Jepang – Filipina – Balikpapan dan kembali lagi ke Pangkalan Surabaya pada bulan Oktober mendatang.

Di tempat terpisah Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali menyampaikan bahwa peran serta TNI AL dalam pelayaran muhibah diplomasi dan duta bangsa merupakan implementasi dari cita-cita bangsa Indonesia untuk menciptakan persahabatan dan memperkenalkan budaya Indonesia kepada masyarakat dunia. “Maka dari itu para prajurit yang ditugaskan harus bangga karena merupakan bagian dari kepercayaan yang diberikan oleh negara,” tegas Kasal.

Ratu

Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.