Hadapi Tantangan Maritim Di Kawasan Indo-Pasifik, Wakasal Hadiri The 8Th Jakarta Geopolitical Forum Di Jakarta

Spread the love

Jalesveva Jayamahe,

Jurnalline.com, Jakarta,- Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksdya TNI Erwin S. Aldedharma mewakili Kasal Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali menghadiri The 8th Jakarta Geopolitical Forum yang bertajuk “Addressing Geo-Maritime Resilience Challenges in The Indo-Pacific” bertempat di The Ritz-Carlton Hotel, Mega Kuningan, Jakarta. Rabu (25/09).

Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari mulai tanggal 25 sampai 26 September 2024 ini, dibuka oleh Gubernur Lemhannas Letjen TNI Eko Margiyono. Acara dilanjutkan dengan Keynote Speaker Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) Republik Indonesia Bapak Pahala Nugraha Mansury, S.E., MBA, yang membahas perspektif Indonesia mengenai ketidakpastian geopolitik dan tantangan domain maritim.

Menurut Wamenlu RI, kebijakan luar negeri Indonesia di kawasan, menekankan bagaimana pendekatan dan kemampuan ketahanan kawasan sangat penting, dan mendesak seruan untuk bekerja sama dan meningkatkan kerja sama strategis dalam mengatasi tantangan ketahanan geomaritim di kawasan.

Forum yang diselenggarakan atas kerja sama antara Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) dengan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia (Kemenko Marves RI) ini, merupakan acara tahunan yang membahas dinamika isu geopolitik dan tantangan ke depan di ranah global dan regional serta mendorong langkah-langkah membangun kepercayaan.

Acara dihadiri sekitar 300 peserta yang berasal dari berbagai pemangku kepentingan seperti ementerian/Lembaga, Duta Besar dan Atase Pertahanan negara sahabat, praktisi dan akademisi dalam dan luar negeri, sektor industri maritim, serta lembaga swadaya masyarakat ini, memiliki Tujuan utama yaitu berfokus dan mengeksplorasi kompleksitas geopolitik dan tantangan ketahanan maritim di kawasan Indo-Pasifik.

Pada forum tersebut, dilaksanakan dua sesi, di mana pada sesi pertama bertajuk “Geopolitics and Maritime Whole of Government in the Region” dengan Trigger Speech Menko Marves RI Jenderal TNI (HOR) (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan dan pada sesi kedua membahas tentang “Strategic Partnership for Sustainable Maritime Industry” dengan Trigger Speech Menteri Perhubungan Republik Indonesia (Menhub RI) Dr. (H.C.) Ir. Budi Karya Sumadi.

Dalam kesempatan terpisah, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali menegaskan bahwa, TNI AL akan terus berkomitmen dalam meningkatkan kerjasama militer antar negara-negara sahabat, khususnya dalam upaya menjaga stabilitas dan perdamaian di kawasan.

Ratu

Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.