Danrem 052/Wkr Pimpin Pengamanan VVIP Presiden RI dalam Penganugerahan Brevet Kehormatan Hiu Kencana dan Samkaryanugraha

Spread the love

Jurnalline.com, Korem 052, – Dalam rangkaian acara kenegaraan yang bersejarah, Presiden Republik Indonesia Bapak H. Ir. Joko Widodo memimpin penganugerahan Brevet Kehormatan Hiu Kencana dan Tanda Kehormatan Samkaryanugraha di Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Acara ini dihadiri oleh tokoh-tokoh penting dari berbagai instansi negara, dan berlangsung dengan pengamanan ketat di bawah kendali Komandan Korem 052/Wkr, Brigjen TNI Krido Pramono, S.H., M.Si.

Acara yang digelar ini memiliki dua momen penting, yaitu penyematan Brevet Kehormatan Hiu Kencana kepada Presiden RI oleh TNI AL, dan penganugerahan Tanda Kehormatan Samkaryanugraha kepada awak KRI Nanggala-402, kapal selam yang telah berjasa besar dalam tugasnya melindungi kedaulatan maritim Indonesia. Brevet Hiu Kencana merupakan simbol penghargaan tertinggi dari TNI AL yang diberikan kepada sosok yang dianggap berjasa besar dalam mendukung kekuatan maritim Indonesia.

Penganugerahan ini dilaksanakan sebagai bentuk penghargaan negara terhadap KRI Nanggala-402 dan untuk mengukuhkan dukungan Presiden RI terhadap penguatan maritim Indonesia. Brevet Kehormatan Hiu Kencana yang disematkan kepada Presiden RI juga merupakan wujud penghormatan dari TNI AL atas kepemimpinan Presiden dalam mendukung kemajuan dan modernisasi kekuatan maritim.

Demonstrasi kekuatan TNI AL berupa Sailing Pass dan Fly Pass yang melibatkan kapal perang serta alutsista udara TNI AL semakin menegaskan komitmen dan kekuatan pertahanan laut Indonesia. Demonstrasi ini juga diiringi dengan aksi menawan Pasukan Khusus Laut (Pasusla) dan simulasi manuver kapal selam yang membangkitkan semangat patriotisme.

Acara ini dihadiri oleh beberapa pejabat penting, baik dari pemerintahan maupun unsur TNI-Polri, Presiden RI Bapak H. Ir. Joko Widodo sebagai pemimpin utama dalam penganugerahan, Jenderal TNI Agus Subiyanto (Panglima TNI), Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo (Kapolri), Menkopolhukam Jenderal TNI (Purn.) Hadi Tjahjanto, Menhan Jenderal TNI (Purn.) Prabowo Subianto, dan Menteri ATR/BPN Dr. H. Agus Harimurti Yudhoyono. Jenderal TNI Maruli Simanjuntak (Kepala Staf Angkatan Darat), Letjen TNI Mohammad Hasan (Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat), Laksamana TNI Muhammad Ali (Kepala Staf Angkatan Laut),Mayjen TNI Rafael Granada Baay (Pangdam Jaya/Jayakarta),Inspektur Jenderal Polisi Karyoto, S.IK, MH. (Kapolda metro jaya),Bpk Drs Heru Budi Hartono (PJ Gubernur DKI Jakarta), Keberadaan para pejabat ini menandakan pentingnya momen ini dalam memperkuat kedaulatan pertahanan dan maritim Indonesia.

Sumber : Penrem/052

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.