Panglima Kolinlamil Sambut Kedatangan Presiden Joko Widodo Di Mako Kolinlamil

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Panglima Kolinlamil Laksda TNI Hudiarto Krisno Utomo, PSC(j) M.A., M.M.S., CHRMP selaku tuan rumah menyambut kedatangan Presiden RI Ir. H. Joko Widodo di Dermaga Mako Kolinlamil Tanjung Priok, Jakarta Utara, Sabtu (28/9). Kedatangan orang nomor satu di Republik Indonesia ini, adalah dalam rangka acara penganugerahan Tanda Kehormatan Samkaryanugraha dan penyematan Brevet Kehormatan Hiu Kencana yang dilaksanakan di atas KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat (992) saat berlayar di Perairan Teluk Jakarta.

Presiden RI Ir. Joko Widodo menerima Brevet Kehormatan Hiu Kencana yang disematkan oleh Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, disaksikan oleh Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsla, Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono, S.E., M.M., Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si. serta Menteri Pertahanan Jenderal TNI (Purn) Prabowo Subianto, Menko Polhukam Marsekal TNI (Purn.) Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P. Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono, Mensesneg Prof. Dr. Pratikno, M.Soc.Sc dan Menteri KKP RI Ir. Sakti Wahyu Trenggono, M.M.

Brevet Kehormatan Hiu Kencana merupakan salah satu bentuk penghormatan dan penghargaan TNI AL, khususnya Satuan Kapal Selam, yang hanya diberikan kepada tokoh, warga, maupun prajurit di jajaran TNI yang dipandang telah berjasa, serta memberikan perhatian dan perjuangan bagi TNI AL, dalam hal ini Presiden RI. Penyematan ini utamanya adalah kepada Presiden Ir. Joko Widodo.

Pada kesempatan tersebut, Presiden RI turut menganugerahkan Tanda Kehormatan Samkaryanugraha kepada KRI Nanggala-402 (KRI NGL-402) yang telah gugur pada 24 Maret 2021. Tanda kehormatan diterima oleh Komandan Satuan Kapal Selam Kolonel Laut (P) Yulius Azz Zaenal S.H., M.Tr.Hanla., M.M. Samkaryanugraha merupakan tanda kehormatan yang diberikan Presiden RI atas gugurnya para Kusuma Bangsa KRI Nanggala-402 yang telah memasuki patroli keabadian (on eternal patrol) pada 21 April 2021. Tanda kehormatan Samkaryanugraha diberikan kepada kesatuan TNI yang telah berjasa dalam suatu operasi militer dan pembangunan untuk pertahanan negara dan bangsa.

Selanjutnya, selepas menganugerahkan Tahor Samkaryanugraha dan menerima Brevet Hiu Kencana, Presiden RI menerima salam penghormatan serta menyaksikan langsung demo pertunjukan dari puluhan unsur TNI AL yang meliputi, Kapal Perang Republik Indonesia (KRI), Pesawat Udara, Pasukan Khusus, Kapal Bakamla RI, KKP, dan berbagai kapal nelayan Jakarta dimana unsur tersebut tergabung dalam Sailing Pass.

Adapun unsur-unsur yang terdiri dari kapal kelas Kombatan, Kapal Selam, Kapal Cepat Rudal, Kapal Patroli, Kapal LPD, Kapal Rumah Sakit, Kapal Hidro-Oceanografi, KAL dan RHIB langsung memberikan penghormatan kepada Presiden dan menampilkan kemampuan Alutsista TNI AL melalui tembakan Meriam-76, RBU-6000, Senapan Mesin dan Roket Kopaska. Bukan hanya itu saja, TNI AL juga menampilkan atraksi udara dari Tim Rajawali Laut Flight (RaLF) Puspenerbal, serta Flying Pass dari unsur Helikopter dan Pesawat Udara milik TNI AL.

Sebelum meninggalkan Mako Kolinlamil, Presiden RI Ir. H. Joko Widodo bersama sederet pejabat yang hadir menyempatkan untuk menyapa warga sekitar yang hadir di Mako Kolinlamil. Tampak wajah bahagia dan penuh sukacita terpancar dari wajah masyarakat yang hadir dalam gelaran Bakti Sosial, Bakti Kesehatan dan Bazaar yang berlokasi di Lapangan M.Silam Mako Kolinlamil.

Ratu

(Dispen Kolinlamil)

tni_prima

kasal

tni_angkatan_laut

jalesvevajayamahe

indonesiannavy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.