TNI AL Berhasil Amankan Ratusan Butir Peluru Dan Empat Magazen Di Nabire

Spread the love

Jalesveva Jayamahe,

Jurnalline.com, Jakarta, – Tim gabungan TNI AL yaitu prajurit Satuan Tugas (Satgas) Lantamal X Jayapura dan Pangkalan TNI AL (Lanal) Nabire berhasil mengamankan ratusan butir peluru dan empat magazen yang disimpan dalam sterofoam box di Perairan Pantai Labani, Nabire. Rabu (2/10).

Kronologi kejadian berawal saat tim penyekatan Lantamal X dan Lanal Nabire melaksanakan kegiatan pengawasan dan pengamanan terhadap para penumpang KM. Dempo yang sandar di Pelabuhan Umum Nabire untuk menurunkan dan menaikan penumpang.

Selain melaksanakan pengamanan di pelabuhan, tim juga melaksanakan pengawasan di area Pantai Labani, Pelabuhan Samabusa. Tim Satgas mencurigai banyak lampu sorot yang nampak di sekitar Pantai Labani Timur. Kemudian dari kecurigaan tersebut, tim Satgas menuju lokasi yang dicurigai dan ditemukan benda mengapung berwarna putih berupa sterofoam box ukuran kecil.

Setelah diangkat dan dibuka, sterofoam box berisi amunisi kaliber 5,56 mm dan 38 mm spesial serta 4 (empat) buah magazen M16 ART 15. Selanjutnya tim membawa dan mengamankan barang bukti tersebut ke Mako Lanal Nabire untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Komandan Lanal Nabire Letkol Laut (P) Pius Herdasa Krisna Murti, S.T., M.T., menyampaikan bahwa hasil pemeriksaan dan pengecekan jumlah total amunisi sebanyak 178 butir dengan rincian168 butir amunisi kaliber 5,56 mm dan 10 butir amunisi kaliber 38mm spesial serta 4 (empat) buah magazen M16 ART 15.

“Nantinya amunisi dan magazen tersebut akan kita musnahkan setelah kita laksanakan penyelidikan lanjutan”, ujar Danlanal Nabire.

Dalam berbagai kesempatan, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali menyampaikan kepada seluruh jajaran TNI AL untuk senantiasa meningkatkan kewaspadaan serta kesiapsiagaan dalam menjaga keamanan wilayah laut, terutama menindak secara tegas segala bentuk tindak ilegal yang sering terjadi di perairan nusantara.

Ratu

Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.